proposal bisnis kuliner "Pangsit Samyang"


PROPOSAL BISNIS USAHA KULINER
PANGSIT SAMYANG”


Disusun oleh:
Ahmat Misnadi
1416142133


PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARI‘AH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU
2017
KATA PENGANTAR

Asalamualaikum wr.wb
Puji syukur kami panjatkan kehadiran Tuhan yang Maha Esa , karena berkat rahmat dan hidayahnya kami masih di beri kesempatan, keberkahan dan kesahatan sehingga kami bisa menyelesaikan proposal usaha ini dengan sebaik mungkin tanpa ada rintangan suatu apapun. Proposal usaha ini kami susun semaksimal mungkin dan kami ucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman yang telah membantu kami dalam menyelesaikan Proposal usaha ini.
Terlepas dari semua itu kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan baik dari segi tata bahasa susunan kalimat dan isi Proposal usaha  . oleh karena itu saran dan kritik dari pembaca sangat kami butuhkan untuk pemperbaiki Proposal usaha ini. Semoga Proposal usaha makanan “PANGSIT SAMYANG” ini dapat memberikan manfaat bagi pembacanya agar lebih memperluas ilmu dan peluang bisnisyang ada di indonesia.

Wasalamualaikum wr.wb

Bengkulu , Desember 2017


Penulis

BAB I
PENDAHULUAN
I.                   Latar Belakang
      Dengan perkembangan zaman dan teknologi pada masa kini banyak masyarakat mecarimakanan cepat saji yang berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, Mie instan saat ini menjadi pilihan tepat, selain mudah di olah dan harganya yang terjangkau banyak juga aneka cita rasa yang ditawarkan, Untuk itu lah kami bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi .
      Dari uraian di atas maka sangat potensial bila kami mengembangkan usaha ini, karna sebagian dari masyarakat sangat menyukai  “samyang” karna rasanya yang enak, pedas dan nikmat. Mie asal korea ini cukup trend pada akhir tahun 2016 sampai pada saat ini, namun harganya cukup merogoh kantong untuk kalangan bawah. Maka dari itu kami ingin memadukan mie samyang dengan kerenyahan kulit pangsit yang memiliki beraneka ragam rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan kesukaan mereka.
      Selain itu, mereka dapat menikmati samyang dengan harga yang terjangkau. Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi pangsit samyang ini baik orang yang sudah tua maupun orang muda. Pangsit samyang ini dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari maupun pagi hari dan akan lebih enak apabila dimakan sambil minum kopi ataupun teh, pangsit samyang sangat cocok.
II.                Profil Bisnis
 (Bidang Usaha, Jenis Produk, Nama Usaha, Motto Produk) Bidang usaha dan kuliner Jeni sproduk : makanan ringan nama usaha: pangsit samyang motto : “berani usaha, berani ambil resiko”


III.             Tujuan Bisnis
a.       Menciptakan inovasi produk makanan yang unik, untuk proses pembelajaran dalam berwirausaha
b.      Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
c.       Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
d.      Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
e.       Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha
IV.             Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik dan unik yaitu mengkreasikan samyang dan pangsit menjadi sesuatu makanan yang unik dengan varian rasa yang berbeda.
V.                Misi
a.       Memberikan kualitas yang terbaik.
b.      Memberikan pelayanan yang terbaik





BAB II
PEMBAHASAN
       I.            Penjelasan Produk
Produk yang kami tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen adalah produk berupa makanan ringan yaitu pangsit samyang , bahan baku dari pangsit samyang adalah kulit pangsit dan mie samyang . pangsit samyang di produksi dengan tiga varina rasa yaitu hot, chesse, dan chiken
    II.            Analisis Peluang Usaha (SWOT)
a.       Strength (Kekuatan)
1.      Penyajian dari pangsit samyang ini sangatlah sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dalam penyajiannya.
2.       Harga dari pangsit samyang ini cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
3.      Pangsit samyang yang kami sajikan ini memiliki rasa yang lebih nikmat dan gurih, karna kualitas dan kebersihannya selalu kami utamakan.
4.       Pangsit samyang mempunyai tiga varian rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.
5.      Perlengkapannya mudah di dapatkan.

b.      Weakness (Kelemahan)
1.      Faktor tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
2.      Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.

c.       Opportunity (Peluang)
1.      Melihat banyaknya kalangan mahasiswa dan masyarakat yang membutuhkan makanan atau snack terutama pada jam kuliah atau malam hari, sehingga pangsit samyang bisa menjadi alternatif sebagai makanan pengganti makanan pokok/cemilan.
2.      Sebagian besar produk samyang yang ada hanya menawarkan rasa yang spicy,  dan diolah hanya dengan cara direbus.maka saya bermaksud untuk memberikan rasa yang baru yaitu rasa gurih dari kulit pangsit yang memberikan isi samyang. Sensasi cara makannya pun menjadi berbeda, karena bentuknya yang garing diluar dan basah didalam maka makanan ini memiliki peluang mudah dibawa dan dimakan dimana saja tanpa perlu diolah lagi. Dengan begitu masyarakat yang suka mengkonsumsi samyang  tidak perlu repot memasak didapur lagi, sehingga cukup membeli pangsit samyang dengan variasi rasa.
3.       pangsit samyang ini bisa dinikmati oleh semua usia dari yang muda sampai yang tua, maka pasar sasarannya mencakup semua kalangan masyarakat.
d.      Threath (Ancaman)
            Melihat dari banyaknya permintaan masyarakat dalam mengkonsumsi makanan terutama mie instan ini, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen kurang memuaskan, maka konsumenpun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kami dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen kami. Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha ini.

A.    Marketing Mix
1.      Product
Produk yang kami tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen memiliki berbagai macam isi dan rasa yang dimiliki, seperti :
a.                Hot  (memiliki rasa original dari samyang yang terkenal dengan extrachili sehingga rasanya lebih  spicy)
b.               Chesee  (cocok untuk yang tidak suka pedas karena ada potongan keju didalmnya)
c.                Chiken  (memberikan campuran daging ayam umtuk pelengkap isiian dari pangsit, rasa pedasnya dicampur dengan gurihnya daging ayam suwir)
Dengan memiliki berbagai macam rasa tersebut maka masyarakat dapat memilih rasa yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.
2.      Price (harga)
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mayoritas adalah mahasiswa oleh karna itu harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk kantong mahasiswa. Harga yang kami berikan yaitu hanya Rp5000 isi 2 pcs
3.      Promotion
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
a.       Dari mulut ke mulut
       Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli pangsit samyang di tempat kita.
b.      Dengan media Internet
       Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial, seperti dapat melalui instagram,facebook line ,whatsApp dll.Karna sebagian besar mahasiswa telah menggunakan media internet, sehingga mereka dapat mengetahui usaha kita ini.
4.      Place
       Usaha ini berlokasi di tempat yang strategis yaitu di area perkuliahan. Yang menjadi target pasar kami yaitu para mahasiswa dan orang-orang yang berada disekitar kampus
B.     Proses Produksi Bahan Baku (Bahan Baku & Proses Pembuatan)
Untuk membuat “pangsit samyang”, bahan-bahan yang diperlukan dan proses produksinya seperti berikut :
1.      Bahan baku
a.       kulit pangsit
b.      3bungkus mie samyang
c.       1 ons cabe rawit
d.      3 siung bawang merah dan bawang putih
e.       200 gram keju prochis
f.        3 ons ayam
g.      3 butir telor
h.      1 bungkus masako
i.        1 mL minyak
2.      proses pembuatan
a.       masukkan mie kedalam air mendidih , aduk selama 3-4 menit sampai mie matang ,lalu siapkan bumbu mie samyang di piring , setelah mie masak tiriskan mie lalu campurkan mie ke dalam bumbu dan aduk hingga rata.
b.      bumbu untuk hot samyang , blender cabe dan bawang merah+putih lalu panaskan kuali , beri sedikit minyak lalu dadar 3 butir telur dan diaduk terus hingga telur hancur dan matang lalu masukan cabe blender dan bawang merah+putih , tumis hingga cabe matang.
c.       untuk chesse samyang ,chesse di potong kecil-kecil berbentuk dadu
d.      untuk chiken samyang, ayam di ungkap hingga dagingnya matang lalu di goreng selayang ,lalu di suir-suir lalu ayam yg di suir-suir di tumis menggunakan sedikit bumbu hot samyang
e.       lalu tiriskan kulit lumpia
·         untuk hot samyang “ letakkan bumbu hot samyang 1 sendok teh dan mie samyang 1   sendok di atas pangsit lalu bentuk menjadi segitiga”.
·         untuk chesse samyang “ letakkan mie samyang 1 sendok dan taburkan chesse yang di potong dadu di atas pangsit lalu bentuk menjadi segitiga”
·         untuk chiken samyang “ letakkan ayam yang di tumis di atas pangsit lalu letakkan mie samyang 1 sendok diatas ayam lalu bentuk menjadi segitiga”
·         setelah semuanya jadi dan pangsit samyang siap di goreng,  pangsit samyang di goreng menggunakan api kecil .
·         setelah pangsit samyang matang tiriskan di tempat yang lebar lalu tunggu hingga dingin setelah dingin kemas menggunakan plastik mika.
·         pangsit samyang siap di pasarkan.

C.    Perencanaan Keuangan
1.      Modal
bahan baku
kulit pangsit                                                                Rp 10.000
3 bungkus mie samyang                                             Rp 51 .000
1 mL minyak                                                              Rp 12.000
                                                                                   --------------- +
                                                                                   Rp 73.000

·         bahan varian rasa
1 ons cabe rawit                                                         Rp. 10.000
3 siung bawang merah dan bawang putih     Rp.   2.000
 keju kraf                                                                    Rp. 10.000
3 ons ayam                                                                 Rp. 10.000
3 butir telor                                                                Rp.   4.000
1 bungkus masako                                                      Rp.      500
 ------------------ +
                                                                                   Rp  36.500
·         Bahan tambahan
 (gas)                                                                           Rp. 8.000
  plastik mika                                                              Rp. 22.000
  plastik                                                                       Rp. 5.000
                                                                                    ----------------- +
                                                                                   Rp  35.000
2.      pengeluaran
·         Pengeluaran modal per hari
Bahan baku + Bahan varian rasa + Bahan tambahan =...................
  Rp. 73.000 + Rp. 36.500 + Rp. 35.000 =  Rp. 144.500
3.      Analisis Pendapatan Dan Keuntungan
·         Pendapatan per bulan :
Omzet ( Rp.250.000  x 30 hari ) =Rp. 7.500.000
·         Keuntungan Bersih per bulan :
Laba bersih (105.000 x 30 hari ) = Rp 3.165.000

4.      Perhitungan Rugi/Laba
·         Produk yang dihasilkan                     100pcs : 2 = 50 porsi
·         harga per porsi                                    Rp 5.000 ( isi 2 pangsit samyang)
·         omset per hari                                     (50 porsi x 5.000 = Rp 250.000
·         omset -modal = laba bersih per hari
Rp 250.000 - Rp144.500  =  Rp 105.000
·         laba bersih per hari Rp 105.000







BAB III
PENUTUPAN
I.          Kesimpulan
Kesimpulannya bahwa produk yang kita pasarkan dapat diterima oleh semua kalangan baik orang tua, remaja, atau lansia. Kita juga berharap bahwa produk kami dapat bersaing dengan produk-produk lainya ,maka dari itu kita harus :

·         Mengalokasikan lokasi strategis agar dapatdijangkauolehmasyarakat
·         Membuat produk yang bermanfaat, sehat, dan berkualitas dan mampu bersaing dengan produk lainnya.
·         Membuat desain yang baru agar konsumen tidak bosan dan jenuh , kami  juga memberikan harga terjangkau agar semua kalangan bisamenikmati produk kami
·         Meningkatkan pelayanan agar konsumen balik lagi kekedai kami
·         Membuat produk lebih cepat agar konsumen tidak lama menunggunya



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Sebagai seorang Akuntan Publik, saya telah merekomendasikan klien kepada Tn. Pedro selama bertahun-tahun dengan hasil yang luar biasa. Baru-baru ini saya berkesempatan menggunakan jasanya untuk pinjaman rumah saya, dan sekarang saya tahu mengapa klien saya selalu senang! Dia teliti, tepat waktu, ramah, dan yang terpenting berpengetahuan luas. Saya pasti akan merekomendasikannya untuk waktu yang lama kepada siapa pun yang mencari pinjaman, silakan hubungi Tn. Pedro dan perusahaan pendanaannya, Tn. Pedro adalah petugas pinjaman yang bekerja dengan investor terkemuka yang siap mendanai segala jenis proyek asalkan Anda bersedia melakukan pengembalian dana seperti yang dijanjikan. Berikut adalah informasi kontak Tn. Pedro” pedroloanss@gmail.com WhatsApp +393510140339 .

    BalasHapus