PROPOSAL BISNIS USAHA KULINER
”PANGSIT SAMYANG”
Disusun oleh:
Ahmat Misnadi
1416142133
PROGRAM STUDI PERBANKAN
SYARI‘AH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU
2017
KATA PENGANTAR
Asalamualaikum wr.wb
Puji syukur kami panjatkan kehadiran Tuhan yang Maha Esa ,
karena berkat rahmat dan hidayahnya kami masih di beri kesempatan, keberkahan
dan kesahatan sehingga kami bisa menyelesaikan proposal usaha ini dengan sebaik
mungkin tanpa ada rintangan suatu apapun. Proposal usaha ini kami susun
semaksimal mungkin dan kami ucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman yang
telah membantu kami dalam menyelesaikan Proposal usaha ini.
Terlepas dari semua itu kami menyadari bahwa masih banyak
kekurangan baik dari segi tata bahasa susunan kalimat dan isi Proposal
usaha . oleh karena itu saran dan kritik
dari pembaca sangat kami butuhkan untuk pemperbaiki Proposal usaha ini. Semoga
Proposal usaha makanan “PANGSIT SAMYANG” ini dapat memberikan manfaat bagi
pembacanya agar lebih memperluas ilmu dan peluang bisnisyang ada di indonesia.
Wasalamualaikum
wr.wb
Bengkulu , Desember 2017
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
I.
Latar Belakang
Dengan perkembangan zaman dan
teknologi pada masa kini banyak masyarakat mecarimakanan cepat saji yang
berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, Mie instan saat ini menjadi
pilihan tepat, selain mudah di olah dan harganya yang terjangkau banyak juga aneka
cita rasa yang ditawarkan, Untuk itu lah kami bermaksud untuk membuat makanan
yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman untuk
dikonsumsi .
Dari uraian di atas maka sangat potensial bila kami mengembangkan usaha ini, karna sebagian dari masyarakat sangat menyukai “samyang” karna rasanya yang enak, pedas dan nikmat.
Mie asal korea ini cukup trend pada akhir tahun 2016
sampai pada saat ini, namun harganya cukup merogoh kantong untuk kalangan bawah. Maka dari itu kami ingin
memadukan mie samyang dengan kerenyahan kulit pangsit yang memiliki beraneka
ragam rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan kesukaan
mereka.
Selain itu, mereka dapat
menikmati samyang dengan harga yang terjangkau. Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi pangsit samyang ini baik orang yang sudah tua maupun orang muda. Pangsit samyang ini dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari maupun pagi hari dan akan lebih enak apabila dimakan sambil minum kopi ataupun teh, pangsit samyang sangat cocok.
II.
Profil Bisnis
(Bidang Usaha, Jenis Produk, Nama Usaha, Motto
Produk) Bidang usaha dan kuliner Jeni sproduk : makanan ringan
nama usaha: pangsit samyang motto : “berani usaha, berani ambil resiko”
III.
Tujuan Bisnis
a.
Menciptakan
inovasi produk makanan yang unik, untuk proses pembelajaran dalam berwirausaha
b.
Memperoleh
keuntungan yang sebesar-besarnya.
c.
Menambah
pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
d.
Mewujudkan
kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan
kesejahteraan masyarakat.
e.
Membudayakan
semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan
masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha
IV.
Visi
Menciptakan
sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik dan unik yaitu
mengkreasikan samyang dan pangsit menjadi sesuatu makanan yang unik dengan
varian rasa yang berbeda.
V.
Misi
a. Memberikan kualitas yang terbaik.
b. Memberikan pelayanan yang terbaik
BAB II
PEMBAHASAN
I.
Penjelasan Produk
Produk
yang kami tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen adalah produk berupa makanan
ringan yaitu pangsit samyang , bahan baku dari pangsit samyang adalah kulit
pangsit dan mie samyang . pangsit samyang di produksi dengan tiga varina rasa
yaitu hot, chesse, dan chiken
II.
Analisis Peluang Usaha (SWOT)
a. Strength (Kekuatan)
1. Penyajian dari pangsit samyang ini
sangatlah sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dalam penyajiannya.
2. Harga dari pangsit samyang ini cukup murah, sehingga
dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
3. Pangsit samyang yang kami sajikan ini
memiliki rasa yang lebih nikmat dan gurih, karna kualitas dan kebersihannya
selalu kami utamakan.
4. Pangsit samyang mempunyai tiga varian rasa,
sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan selera mereka
masing-masing.
5. Perlengkapannya mudah di dapatkan.
b. Weakness (Kelemahan)
1.
Faktor
tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila tempatnya
kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
2.
Permintaan
dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.
c. Opportunity (Peluang)
1.
Melihat
banyaknya kalangan mahasiswa dan masyarakat yang membutuhkan makanan atau snack
terutama pada jam kuliah atau malam hari, sehingga pangsit samyang bisa menjadi
alternatif sebagai makanan pengganti makanan pokok/cemilan.
2.
Sebagian
besar produk samyang yang ada hanya menawarkan rasa yang spicy, dan diolah hanya dengan cara direbus.maka
saya bermaksud untuk memberikan rasa yang baru yaitu rasa gurih dari kulit
pangsit yang memberikan isi samyang. Sensasi cara makannya pun menjadi berbeda,
karena bentuknya yang garing diluar dan basah didalam maka makanan ini memiliki
peluang mudah dibawa dan dimakan dimana saja tanpa perlu diolah lagi. Dengan
begitu masyarakat yang suka mengkonsumsi samyang tidak perlu repot memasak didapur lagi,
sehingga cukup membeli pangsit samyang dengan variasi rasa.
3.
pangsit samyang ini bisa dinikmati oleh semua
usia dari yang muda sampai yang tua, maka pasar sasarannya mencakup semua
kalangan masyarakat.
d. Threath (Ancaman)
Melihat
dari banyaknya permintaan
masyarakat dalam mengkonsumsi makanan terutama mie instan ini, maka persaingan
dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan
kualitas yang kita berikan kepada konsumen kurang memuaskan, maka konsumenpun
akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan terancam bangkrut. Untuk mengatasi
masalah tersebut, maka kami dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan
pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen kami. Kualitas
produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam
menjalankan usaha ini.
A.
Marketing Mix
1. Product
Produk yang kami tawarkan dalam usaha ini kepada
konsumen memiliki berbagai macam isi dan rasa yang dimiliki, seperti :
a.
Hot (memiliki rasa original dari samyang yang
terkenal dengan extrachili sehingga rasanya lebih spicy)
b.
Chesee (cocok untuk yang tidak suka pedas karena ada
potongan keju didalmnya)
c.
Chiken (memberikan campuran daging ayam umtuk
pelengkap isiian dari pangsit, rasa pedasnya dicampur dengan gurihnya daging
ayam suwir)
Dengan memiliki berbagai macam rasa tersebut maka
masyarakat dapat memilih rasa yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan
mereka masing-masing.
2.
Price
(harga)
Dalam
menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mayoritas adalah mahasiswa
oleh karna itu harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk kantong
mahasiswa. Harga yang kami berikan yaitu hanya Rp5000 isi 2 pcs
3.
Promotion
Adapun strategi
pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
a. Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang
paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi
ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk
mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen akan
mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka
konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli pangsit
samyang di tempat kita.
b. Dengan media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka
promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial, seperti dapat
melalui instagram,facebook line ,whatsApp dll.Karna sebagian besar mahasiswa
telah menggunakan media internet, sehingga mereka dapat mengetahui usaha kita
ini.
4.
Place
Usaha ini berlokasi di tempat yang strategis
yaitu di area perkuliahan. Yang menjadi target pasar kami yaitu para mahasiswa
dan orang-orang yang berada disekitar kampus
B.
Proses
Produksi Bahan Baku (Bahan Baku & Proses Pembuatan)
Untuk membuat
“pangsit samyang”, bahan-bahan yang diperlukan dan proses produksinya seperti
berikut :
1. Bahan baku
a. kulit pangsit
b. 3bungkus mie samyang
c. 1 ons cabe rawit
d. 3 siung bawang merah dan bawang putih
e. 200 gram keju prochis
f. 3
ons ayam
g. 3 butir telor
h. 1 bungkus masako
i.
1
mL minyak
2. proses pembuatan
a. masukkan mie kedalam air mendidih , aduk
selama 3-4 menit sampai mie matang ,lalu siapkan bumbu mie samyang di piring ,
setelah mie masak tiriskan mie lalu campurkan mie ke dalam bumbu dan aduk
hingga rata.
b. bumbu untuk hot samyang , blender cabe
dan bawang merah+putih lalu panaskan kuali , beri sedikit minyak lalu dadar 3
butir telur dan diaduk terus hingga telur hancur dan matang lalu masukan cabe
blender dan bawang merah+putih , tumis hingga cabe matang.
c. untuk chesse samyang ,chesse di potong
kecil-kecil berbentuk dadu
d. untuk chiken samyang, ayam di ungkap
hingga dagingnya matang lalu di goreng selayang ,lalu di suir-suir lalu ayam yg
di suir-suir di tumis menggunakan sedikit bumbu hot samyang
e. lalu tiriskan kulit lumpia
·
untuk
hot samyang “ letakkan bumbu hot samyang 1 sendok teh dan mie samyang 1 sendok di atas pangsit lalu bentuk menjadi
segitiga”.
·
untuk
chesse samyang “ letakkan mie samyang 1 sendok dan taburkan chesse yang di
potong dadu di atas pangsit lalu bentuk menjadi segitiga”
·
untuk
chiken samyang “ letakkan ayam yang di tumis di atas pangsit lalu letakkan mie
samyang 1 sendok diatas ayam lalu bentuk menjadi segitiga”
·
setelah
semuanya jadi dan pangsit samyang siap di goreng, pangsit samyang di goreng menggunakan api
kecil .
·
setelah
pangsit samyang matang tiriskan di tempat yang lebar lalu tunggu hingga dingin
setelah dingin kemas menggunakan plastik mika.
·
pangsit samyang siap di pasarkan.
C.
Perencanaan Keuangan
1. Modal
bahan baku
kulit pangsit Rp
10.000
3 bungkus mie samyang Rp
51 .000
1 mL minyak Rp
12.000
---------------
+
Rp
73.000
·
bahan
varian rasa
1 ons cabe rawit Rp. 10.000
3 siung bawang merah dan bawang
putih Rp. 2.000
keju kraf
Rp. 10.000
3 ons ayam Rp. 10.000
3 butir telor Rp. 4.000
1 bungkus masako Rp. 500
------------------ +
Rp 36.500
·
Bahan
tambahan
(gas) Rp. 8.000
plastik mika Rp.
22.000
plastik Rp.
5.000
----------------- +
Rp 35.000
2. pengeluaran
·
Pengeluaran
modal per hari
Bahan
baku + Bahan varian rasa + Bahan tambahan =...................
Rp.
73.000
+ Rp. 36.500 + Rp. 35.000 = Rp. 144.500
3. Analisis Pendapatan Dan Keuntungan
·
Pendapatan
per bulan :
Omzet
( Rp.250.000 x 30 hari ) =Rp. 7.500.000
·
Keuntungan
Bersih per bulan :
Laba
bersih (105.000 x 30 hari ) = Rp 3.165.000
4.
Perhitungan
Rugi/Laba
·
Produk
yang dihasilkan
100pcs : 2 = 50 porsi
·
harga
per porsi
Rp 5.000 ( isi 2 pangsit samyang)
·
omset
per hari
(50 porsi x 5.000 = Rp 250.000
·
omset
-modal = laba bersih per hari
Rp
250.000 - Rp144.500 = Rp
105.000
·
laba
bersih per hari Rp 105.000
BAB III
PENUTUPAN
I.
Kesimpulan
Kesimpulannya bahwa produk yang kita pasarkan dapat diterima oleh
semua kalangan baik orang tua, remaja, atau lansia. Kita juga berharap bahwa
produk kami dapat bersaing dengan produk-produk
lainya ,maka dari itu kita harus :
·
Mengalokasikan lokasi strategis agar dapatdijangkauolehmasyarakat
·
Membuat produk yang bermanfaat, sehat, dan berkualitas dan mampu
bersaing dengan produk lainnya.
·
Membuat desain yang baru agar konsumen tidak bosan dan jenuh , kami juga memberikan harga terjangkau agar semua kalangan
bisamenikmati produk kami
·
Meningkatkan pelayanan agar konsumen balik lagi kekedai kami
·
Membuat produk lebih cepat agar konsumen tidak lama menunggunya
1 Komentar
Sebagai seorang Akuntan Publik, saya telah merekomendasikan klien kepada Tn. Pedro selama bertahun-tahun dengan hasil yang luar biasa. Baru-baru ini saya berkesempatan menggunakan jasanya untuk pinjaman rumah saya, dan sekarang saya tahu mengapa klien saya selalu senang! Dia teliti, tepat waktu, ramah, dan yang terpenting berpengetahuan luas. Saya pasti akan merekomendasikannya untuk waktu yang lama kepada siapa pun yang mencari pinjaman, silakan hubungi Tn. Pedro dan perusahaan pendanaannya, Tn. Pedro adalah petugas pinjaman yang bekerja dengan investor terkemuka yang siap mendanai segala jenis proyek asalkan Anda bersedia melakukan pengembalian dana seperti yang dijanjikan. Berikut adalah informasi kontak Tn. Pedro” pedroloanss@gmail.com WhatsApp +393510140339 .
BalasHapus